Peranti Interkatif adalah suatu perangkat yang memungkinkan
komunikasi antara manusia dan komputer sehingga mengahasilkan timbal balik.
Beberapa bentuk piranti :
1.Piranti tekstual
Peranti masukkan tekstual dapat dikatakan merupakan peranti
masukan standar yang dijumpai pada semua komputer (Keyboard).Keyboard merupakan
piranti terbaik untuk inputan berbentuk teks.
Jenis-jenis keyboard :
·
Keyboard QWERTY
Keyboard qwerty adalah keyboard yang paling banyak digunakan.
Hampir semua keyboard yang digunakan adalah qwerty.
·
Keyboard Dvorak
Menggunakan susunan papan ketik yang sama, tetapi susunan hurufnya
disusun sehingga tangan kanan dibebani oleh banyak pekerjaan dibanding dengan
tangan kiri.
·
Keyboard Alphabetic
Tombol-tombol pada papan ketik dengan tata letak alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak.
Tombol-tombol pada papan ketik dengan tata letak alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak.
Susunan
hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet.Piranti penuding dan pengambil (pointing and picking device) digunakan untuk memutar obyek, menggambar garis,dsb.
Peranti-peranti penuding antara lain adalah :
·
Mouse
Mouse digunakan untuk menempatkan cursor pada posisi tertentu di layar komputer. Mengaktifkan menu pilihan pada suatu program aplikasi, dan bahkan untuk menggambar.
Mouse digunakan untuk menempatkan cursor pada posisi tertentu di layar komputer. Mengaktifkan menu pilihan pada suatu program aplikasi, dan bahkan untuk menggambar.
·
Joystick
Joystick merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan cursor dikendalikan oleh gerakan tuas pada atau dengan tekanan pada tuas.
Joystick merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan cursor dikendalikan oleh gerakan tuas pada atau dengan tekanan pada tuas.
·
Trackball
·
hampir sama dengan mouse perbedaan utama
terletak pada konfigurasinya. Pada mouse, operator harus menggerakan seluruh
badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball, badan dari trackball
tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakan bola untuk menunjukan
perpindahan kursor.
Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan kursor.
Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan kursor.
sangat membantu gan
BalasHapus:)
BalasHapus